DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH LINGKUNGAN KERJA DAN BEBAN KERJA TERHADAP STRES KERJA KARYAWAN PADA PT SINAR ALAM DUTA PERDANA BANJARMASIN
PENGARANG:MUT MEINA RAMBE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-04


ABSTRAK

Mut Meina Rambe (2024). Pengaruh Lingkungan Kerja dan Beban Kerja terhadap Stres Kerja Karyawan PT Sinar Alam Duta Perdana Banjarmasin
Pembimbing : Dahniar

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1). Menganalisis pengaruh lingkungan kerja dan beban kerja terhadap stres kerja karyawan pada PT Sinar Alam Duta Perdana Banjarmasin; 2). Menganalisis pengaruh lingkungan kerja terhadap stres kerja karyawan pada PT Sinar Alam Duta Perdana Banjarmasin; 3). Menganalisis pengaruh beban kerja terhadap stress kerja karyawan pada PT Sinar Alam Duta Perdana Banjarmasin.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dan bersifat sebab dan akibat (kausal) dalam melihat hubungan variabel terhadap obyek yang diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan pada PT Sinar Alam Duta Perdana Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis probability sampling dengan teknik simple random sampling. Responden pada penelitian ini berjumlah 75 orang karyawan. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda dengan aplikasi program SPSS Statistics 26.

Hasil uji F pada penelitian ini membuktikan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari variabel lingkungan kerja (X1) dan beban kerja (X2) terhadap variabel stres kerja (Y). Hasil uji koefisien determinasi R2 menunjukkan bahwa variabel stres kerja (Y) dapat dipengaruhi oleh lingkungan kerja (X1) dan beban kerja (X2) sebesar 75,3%, sedangkan 24,7% sisanya dapat dijelaskan oleh faktor- faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil uji t pada penelitian ini membuktikan adanya pengaruh negatif dan signifikan antara variabel lingkungan kerja (X1) terhadap variabel stres kerja (Y) dan adanya pengaruh yang positif dan signifikan antara beban kerja (X2) terhadap variabel stres kerja (Y) karyawan pada PT Sinar Alam Duta Perdana Banjarmasin.

Kata Kunci : Lingkungan Kerja, Beban Kerja, Stres Kerja

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI