DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM SULTAN AGUNG BANJARBARU
PENGARANG:RICKY FITRIADIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-04


ABSTRAKSI

 

Ricky Fitriadiansyah ( 2023 ), Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Banjarbaru.

 

Pembimbing : Dr. Nuril Huda, S.E, MM.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisa kesesuaian kinerja petugas medis dan harapan pasien rawat inap, serta menganalisa variabel mana yang paling kuat dalam memberikan kepuasan layanan rawat inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Banjarbaru. Data dalam penelitian ini adalah data yang diambil melalui kuesioner yang diberikan pada responden (pasien rawat inap) yang telah mendapatkan pelayanan.

Kuesioner dibagikan kepada 160 responden yang berada di beberapa bangsal Rumah Sakit Islam Sultan Agung Banjarbaru. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan metode Cross Sectional, unit analisis adalah pasien yang telah menggunakan jasa rawat inap, variabel yang diukur untuk menganalisa kepuasan pasien antara lain seperti Reliability, Responsiveness, Tangible, Empathy, Assurance dan Employee training. Pegukuran variabel menggunakan Skala Likert.

Hasil pengujian menjabarkan bahwa variabel Reliability, Empathy, Responsiveness, Assurance, Tangible, dan Employee training memiliki nilai sangat puas yaitu lebih besar dari 80%, variabel yang paling dominan berdasarkan tingkat kepentingan/harapan adalah responsiveness dengan nilai rata-rata yaitu 4.84.

Kata Kunci : Kualitas pelayanan rawat inap, Reliability, Responsiveness, Tangible, Empathy, Assurance dan Employee Training.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI