DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kontribusi Kekuatan Otot Tungkai Dan Koordinasi Mata Kaki Terhadap Akurasi Passing Pada Peserta Didik Sekolah Olahraga Barito Putera
PENGARANG:NUR MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-01


ABSTRAK

 

 

NUR MAULIDA. A1D1 14247. 2019. Kontribusi Kekuatan Otot Tungkai Dan Koordinasi Mata Kaki Terhadap Akurasi Passing Pada Peserta Didik Sekolah Olahraga Barito Putera. Skripsi, Prodi Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Drs. H. Sarmidi, M.Kes (II) Mita Erliana, S.Pd., M.Or.

 

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya: 1). Kontribusi kekuatan otot tungkai terhadap akurasi passing pada peserta didik Sekolah Olahraga Barito Putera. 2). Kontribusi koordinasi mata kaki terhadap akurasi passing pada peserta didik Sekolah Olahraga Barito Putera. 3). Kontribusi kekuatan otot tungkai dan koordinasi mata kaki terhadap akurasi passing pada peserta didik Sekolah Olahraga Barito Putera.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode expost facto, dengan teknik pengambilan data dengan tes dan pengukuran. 

 

Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik Sekolah Olahraga Barito Putera Banjarmasin yang berjumlah 160 orang dan yang menjadi sampel adalah peserta didik kelas C usia 13-15 tahun sebanyak 21 orang, dengan teknik sampel purposive sampling.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Ada kontribusi kekuatan otot tungkai terhadap akurasi passing pada peserta didik Sekolah Olahraga Barito Putera dengan kontribusi efektif sebesar 31.3% dan kontribusi relatif sebesar 60.7% dengan nilai Fo ≥ Ft 0,05 atau 14.45 ≥ 4.38 sehingga ada kontribusi yang signifikan antara kekuatan otot tungkai terhadap akurasi passing pada peserta didik Sekolah Olahraga Barito Putera. 2). Ada Kontribusi koordinasi mata kaki terhadap akurasi passing pada peserta didik Sekolah Olahraga Barito Putera dengan kontribusi efektif sebesar 20.2% dan kontribusi relatif sebesar 39.3% dengan nilai Fo ≥ Ft 0,05 atau 11.67 ≥ 4.38 sehingga ada kontribusi yang signifikan antara koordinasi mata kaki terhadap akurasi passing pada peserta didik Sekolah Olahraga Barito Putera. 3). Ada kontribusi kekuatan otot tungkai dan koordinasi mata kaki terhadap akurasi passing pada peserta didik Sekolah Olahraga Barito Putera dengan kontribusi efektif sebesar 51.5% dan kontribusi relatif sebesar 100% dengan nilai Fo ≥ Ft 0,05 atau 9.54 ≥ 3.55 sehingga ada kontribusi yang signifikan antara kekuatan otot tungkai dan koordinasi mata kaki terhadap akurasi passing pada peserta didik Sekolah Olahraga Barito Putera.

 

Kata kunci : Kontribusi, Kekuatan Otot Tungkai, Koordinasi Mata Kaki, Akurasi Passing, Sepakbola.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI