DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENETAPAN KADAR FLAVONOID TOTAL DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG KALANGKALA (Litsea angulata Blume)
PENGARANG:FITRI RAMDHANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-01


PENETAPAN KADAR FLAVONOID TOTAL DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN EKSTRAK ETANOL KULIT BATANG KALANGKALA (Litsea angulata Blume) (Oleh: Fitri Ramdhana; Pembimbing: Nashrul Wathan, Fadlilaturrahmah; 2018, 49Halaman)

 

Flavonoid merupakan golongan senyawa metabolit sekunder yang memiliki aktivitas antioksidan. Senyawa antioksidan salah satunya dapat mendonorkan elektron atau hidrogennya untuk mencegah terbentuknya radikal bebas. Kulit batang Kalangkala (Litsea angulata Blume) diyakini memiliki aktivitas antioksidan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kadar flavonoid total dan menguji aktivitas antioksidan ekstrak etanol 70 % kulit batang L. angulata. Sampel yang digunakan adalah kulit batang L. angulata yang berasal dari Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Penentuan kadar flavonoid total dilakukan secara spektrofotometri UV-Vis menggunakan metode kolorimetri dengan pereaksi kompleks AlCl3 sedangkan uji aktivitas antioksidan ditentukan dengan metode DPPH (2,2-difenil-1- pikrilhidrazil). Hasil penelitian yang diperoleh kadar flavonoid total ekstrak etanol kulit batang L. angulata sebesar 57,57 ± 0,012 mg EK/g ekstrak dan aktivitas antioksidan dengan nilai IC50 sebesar 39,547 ppm sehingga termasuk dalam kategori antioksidan yang sangat aktif.

 

Kata kunci : Antioksidan, DPPH, Flavonoid Total, Litsea angulata.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI