DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESALAHAN PENYELESAIAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MENGGUNAKAN KRITERIA WATSON PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 9 BANJARMASIN
PENGARANG:AIDA JAMILAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-01


Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) Menggunakan Kriteria Watson pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Banjarmasin. (Oleh: Aida Jamilah; Pembimbing: Hidayah Ansori; Kamaliyah. 2019; 81 halaman)

 

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan jenis dan penyebab kesalahan penyelesaian soalHOTS menggunakan Kriteria Watson pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 9 Banjarmasin. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan tes dan wawancara. Uji keabsahan data dengan teknik triangulasi. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VII SMP Negeri 9 Banjarmasin dengan jumlah 265 siswa, kemudian dipilih delapan di antaranya sebagai subjek penelitian. Kesalahan dalam penelitian ini dianalisis menggunakan kriteria Watson yaitu data tidak tepat, prosedur tidak tepat, data hilang, kesimpulan hilang, konflik level respon, manipulasi tidak langsung, masalah hierarki keterampilan, dan selain ketujuh kategori tersebut. Hasil analisis menunjukkan tujuh subjek penelitian yang melakukan kesalahan data tidak tepat, empat subjek prosedur tidak tepat, dua subjek data hilang, dan delapan subjek masalah hierarki keterampilan.Penyebab terjadinya kesalahan  data tidak tepat karena siswa kurang teliti dalam memahami soal yang diberikan, penyebab terjadinya kesalahanprosedur tidak tepat karena siswa kurang memahami apa yang dimaksud soal dan kurang memahami langkah yang digunakan untuk menyelesaikan, penyebab terjadinya kesalahan data hilang karena siswa tidak mengingat konsep materi yang berkaitan dengan soal, dan penyebab terjadinya kesalahan masalah hierarki keterampilan karena siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal.

 

Kata kunci : analisis kesalahan, soal HOTS, kriteria Watson

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI