DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN E-MODUL MATERI LARUTAN PENYANGGA BERBASIS MULTIPLE REPRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
PENGARANG:YUSTIANA MEIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-16


Abstrak. Rendahnya tingkat ketuntasan tersebut dapat diartikan sebagai tanda kurang memadainya pembelajaran yang disebabkan oleh beberapa variabel, antara lain teknik pembelajaran, sumber belajar, dan bahan ajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas, kelayakan, dan validitas modul online untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap konten berdasarkan berbagai solusi buffer berbasis representasi. Proses R&D yang digunakan mengikuti model pengembangan 4D: Definisi, Desain, Pengembangan, dan Diseminasi. Berdasarkan temuan, e-modul ini lolos dari segi kesesuaian konten, kesesuaian bahasa, dan kesesuaian media. Hasil angket keterbacaan yang diberikan kepada siswa dan guru, serta keterampilan guru dalam menggunakan modul dan menjaga ketertiban di kelas, memberikan bukti kepraktisan e-modul yang dihasilkan. Temuan N-gain menunjukkan bahwa e-modul yang dibuat berhasil. Untuk meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa, penelitian ini menyimpulkan bahwa e-modul berisi larutan buffer yang dihasilkan berdasarkan berbagai representasi layak digunakan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI