DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS SEKTOR UNGGULAN DI KABUPATEN TABALONG SEBAGAI KABUPATEN PENYANGGA IBU KOTA NEGARA (IKN)
PENGARANG:AISHA IOLA LARASATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-16


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sektor apa saja yang termasuk dalam kategori sektor basis, non-basis, dan potensial di Kabupaten Tabalong, serta sektor potensial mana yang dapat dikembangkan sebagai penunjang ekonomi Kabupaten Tabalong dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tipologi Klassen untuk mengetahui mengidentifikasi sektor berdasarkan empat kuadran tingkat kemajuan; LQ untuk mengetahui sektor basis dan non-basis; DLQ untuk mengetahui prospektif sektor lapangan usaha terkait dalam lima tahun ke depan; Shift-share untuk mengetahui pergerakan dan perubahan struktur ekonomi.  Penelitian ini menggunakan data primer wawancara dan data sekunder PDRB atas dasar harga konstan Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Tabalong.

Hasil dari penelitian ini sektor yang potensial untuk menunjang ekonomi Kabupaten Tabalong dan IKN adalah pertama sektor pertanian karena Kabupaten Tabalong bertujuan untuk menjadi lumbung pangan IKN, kemudian sektor industri pengolahan, dan pariwisata.

Kata Kunci: sektor unggulan; tipologi klassen; Location Quotient (LQ); Dynamic Location Quotient (DLQ); shift-share.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI