DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KETELITIAN
PENGARANG:FATMINASTITI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-02


FATMINASTITI. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Menggunakan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatan Keterampilan Proses Sains Dan Ketelitian Peserta Didik SMP. Tesis, Program Studi Keguruan IPA, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Prof. Dr. Supramono, M.Pd dan Pembimbing (II) Dr. Uripto Trisno Santoso, M.Si.

ABSTRAK

Banyak faktor yang mempengaruhi baik buruknya kualitas pembelajar-an, diantaranya perangkat pembelajaran dan model pembelajaran yang diguna-kan. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh pengembangan perangkat pembelajaran materi klasifikasi makhluk hidup menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan keterampilan proses sains dan ketelitian yang diterapkan di SMP Negeri 29 Banjarmasin. Model pengembangan perangkat yang digunakan adalah model Dick and Carey. Pelaksanaan uji coba menggunakan desain penelitian eksperimen semu dengan rancangan one group pretest – posttest. Perangkat hasil pengembangan terdiri dari silabus, RPP, bahan ajar, LKPD dan lembar penilaian yang telah divalidasi dan direvisi sebelum digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa silabus hasil pengembangan memiliki nilai 3,59 katagorikan valid, RPP hasil pengembangan memiliki nilai 3,59 dikatagorikan valid, bahan ajar hasil pengembangan memiliki nilai 3,57 dikatagorikan valid, LKPD hasil pengembang-an memiliki nilai 3,43 dikatagorikan valid dan lembar penilaian mimiliki nilai 3,77 dikatagorikan valid . Keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan nilai dengan katagori baik sampai dengan amat baik. Peningkatan keterampilan proses sains peserta didik kurang signifikas dengan nilai rerata 1,75 ( kelas besar 1) dan 1,46 (kelas besar 2). Dari hasil uji t kelas besar diperoleh nilai signifikan 2.006 (kelas besar 1) dan 1.998 (kelas besar 2). Peningkatan ketelitian peserta didik termasuk katagori baik (≥75 - 50). Ini menunjukkan bahwa penggunaan perangkat hasil pengembangan berpengaruh pada keterampilan proses sains dan ketelitian peserta didik.

Kata kunci : keterampilan proses sains, ketelitian dan inkuiri terbimbing

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI