DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PAJAK DAERAH, RETRIBUSI DAERAH, HASIL PENGELOLAAN KEKAYAAN DAERAH YANG DIPISAHKAN, DAN DANA ALOKASI UMUM TERHADAP TINGKAT KEMANDIRIAN KEUANGAN DAERAH PADA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2017-2022
PENGARANG:FITRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-18


Fitriana, (2023). Pengaruh Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan, dan Dana Alokasi Umum Terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah pada Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2017 – 2022. Pembimbing: Dra. Sustinah Limarjani, SH, MM, Ak, CA.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan, dan Dana Alokasi Umum terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2017 – 2022.

Data dalam penelitian ini menggunakan Data Sekunder berupa Laporan Realisasi Anggaran seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2017 – 2022 yang diperoleh melalui situs Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (https://djpk.kemenkeu.go.id/portal/data/apbd). Analisis menggunakan uji asumsi klasik dan kemudian diuji hipotesis dengan metode regresi linier berganda dengan uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t.

   Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Pajak Daerah dan Retribusi Daerah berpengaruh positif dan signifikan terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan tidak berpengaruh signifikan terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah, dan Dana Alokasi Umum berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah.

 

Kata Kunci: Tingkat Kemandirian Keuangan Daerah, Pajak Daerah, Retribusi Daerah, Hasil Pengelolaan Kekayaan Daerah yang Dipisahkan, Alokasi Umum

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI