DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS TINGKAT PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH RUMAH TANGGA BERBASIS 3R DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:MAULIDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-18


 “Analisis Tingkat Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga Berbasis 3R di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin”

Oleh: Maulidah (2010115220021)

Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat

 

Partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah sangat penting dilakukan karena dapat mengurangi volume timbulan sampah setiap tahunnya. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga berbasis 3R di Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data deskriptif persentase dan kategorisasi. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 378 kepala keluarga yang berdomisili di Kelurahan Alalak Utara, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga berbasis 3R di Kecamatan Banjarmasin Utara Kota Banjarmasin dikategorikan sangat rendah. Sangat rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah rumah tangga berbasis 3R disebabkan karena kurang dilibatkannya masyarakat umum dalam merencanakan program dan evaluasi program yang berkaitan dengan pengelolaan sampah. Selain itu, program pengelolaan sampah yang telah ditentukan tidak semua wilayah dapat merasakannya sehingga menyebabkan masih ada beberapa masyarakat yang tidak tau adanya program pengelolaan sampah yang sedang dilaksanakan. Diharapkan dari hasil penelitian ini masyarakat dan pemerintah setempat dapat berkolaborasi dan berpartisipasi aktif dalam mengelola sampah yang berwawasan lingkungan dan dapat memanfaatkan sampah dengan baik.

 

Kata kunci: Partisipasi Masyarakat; Pengelolaan Sampah; Sampah Rumah Tangga; Prinsip 3R

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI