DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBANDINGAN SUHU PENGERINGAN DAN TIGA JENIS BIJI KOPI TERHADAP MUTU FISIK
PENGARANG:TAUFIQ RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-18


TAUFIQ RAMADHAN. Perbandingan Suhu Pengeringan dan Tiga Jenis BijiKopiTerhadapMutuFisik,dibimbingolehBapakIr.AntarSofyan,M.P.danProf.Dr.Ir. Akhmad Gazali, M.S.

 

Penelitianinibertujuanuntukmengetahuiresponperlakuanperbedaansuhupengeringan dan tiga jenis biji kopi terhadap mutu fisik dan untuk mengetahuikombinasi perlakuan perbandingan suhu pengeringan dan tiga jenis bijikopiterhadapmutu fisik yangmendekati nilaimutuSNI Biji Kopi.

PenelitianinimenggunakanRancanganAcakKelompok(RAK)duafaktor.Faktor yang diteliti adalah Suhu pengeringan (S) 3 perlakuan dan perlakuan jenisbiji kopi (J) sebanyak 3 perlakuan percobaan terdiri dari 9 kombinasi dan setiapperlakuan diulang sebanyak 3 kali sehingga total percobaan adalah sebanyak 27unitpercobaan,yangterdiriatasS1:Suhupengeringan80oC,S2:Suhupengeringan90 oC, S3: Suhu pengeringan 100 oC, J1: Kopi liberika, J2: Kopi robusta, J3: Kopiexcelsa.

HasilPenelitianmenunjukkanbahwaPerlakuanperbedaansuhupengeringandantigajenisbijikopimemberikanresponpadaparameteryaitu,kadarair, jumlah cacat biji, warna, dan ukuran dibandingkan dengan nilai mutu SNI 01-2907-2008 dan kombinasi perlakuan yang memberikan respon mendekati nilaimutu SNI 01-2907-2008 yaitu, Kadar air basis basah adalah perlakuan Robustadengansuhu90oC,Bijicacatkopiyaitujeniskopiliberikadansuhu100oC,warnabiji kopi yaitu robusta dan excelsa, sedangkan untuk suhu 80-90 oC, ukuran bijikopiyaituliberikadengan suhu 80-90 oC.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI