DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DESKRIPSI TENTANG MASYARAKAT URBAN DI KELURAHAN KUIN CERUCUK KECAMATAN BANJARMASIN BARAT KOTA BANJARMASIN TAHUN 2005-2016
PENGARANG:FITRIANI HUSNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-04


ABSTRAK

 

Fitriani Husna 2018. Deskripsi tentang Masyarakat Urban di Kelurahan Kuin Cerucuk, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin Tahun 2005-2016 (pembimbing I Drs. Hairiyadi M.Hum dan pembimbing II Drs. Yusliani Noor M.Pd)

 

Kemampuan beradaptasi masyarakat urban di wilayah Kelurahan Kuin Cerucuk sangat unik dimana mereka tidak mungkin menerapkan budaya asal yang mereka bawa ataupun menolak budaya perkotaan. Mereka memperhatikan kondisi geografis antara tempat tinggal yang baru dengan tempat tinggal daerah asal. Selain itu, tempat tinggal mereka yang baru memiliki suasana yang mirip dengan daerah asal mereka, karena biasanya kaum urban memilih untuk hidup berkelompok yang mana masyarakatnya berasal dari desa yang sama.

Rumusan masalah penelitian yakni bahwa di Kelurahan Kuin Cerucuk, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin didapati adanya masyarakat urban yang memperlihatkan karakteristik yang berbeda dengan msyarakat kota.

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui kehidupan sosial masyarakat urban di Kelurahan Kuin Cerucuk, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin yang memperlihatkan karakteristik yang berbeda dengan masyarakat kota.

Penelitian ini dilakukan dengan metode sejarah melalui empat tahap, yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Sumber data terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer penulis dapatkan secara langsung dari narasumber yang relevan sesuai dengan obyek yang diteliti dan sumber sekunder didapatkan dari perpustakaan berupa buku-buku, arsip daerah, dan internet.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat urban yang bermukim di Kelurahan Kuin Cerucuk memperlihatkan karakteristik yang berbeda dengan masyarakat kota. Dimana mereka menggabungkan budaya asal dengan budaya perkotaan. Hal tersebut dikarenakan mereka datang ke kota lantaran mencari pekerjaan yang lebih baik ataupun melanjutkan jenjang pendidikan. Oleh sebab itu mereka harus berinteraksi dengan masyarakat lokal dengan mengikuti kegiatan yang diadakan di wilayah tersebut.

Kesimpulan bahwa kehidupan sosial masyarakat urban adalah hasil dari cara mereka berinteraksi. Apabila mereka baik dengan masyarakat lokal maka masyarakat lokal pun baik kepada mereka. Dan begitupun sebaliknya apabila mereka kurang baik kepada masyarakat lokal, maka masyarakat lokal pun kurang baik juga kepada mereka.

 

Kata Kunci : Masyarakat, urban, Kelurahan Kuin Cerucuk

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI