DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH BELANJA PENDIDIKAN, BELANJA KESEHATAN, BELANJA BANTUAN SOSIAL, DAN PENDAPATAN PERKAPITA TERHADAP INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:ZULKARNAIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-19


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Belanja Pendidikan, Belanja Kesehatan, Belanja Bantuan Sosial, dan Pendapatan Perkapita secara parsial dan simultan terhadap indeks pembangunan manusia pada 13 kabupaten/kota Provinsi Kalimantan Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Analisis regresi dengan menggunakan panel data adalah kombinasi antara deret waktu (timeseries data) periode 2018-2022.

Hasil menunjukkan bahwa belanja pendidikan dan pendapatan perkapita berpengaruh positif dan signifikan terhadap indeks pembangunan manusia pada Provinsi Kalimantan Selatan. Belanja kesehatan dan belanja bantuan sosial berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap indeks pembangunan manusia pada Provinsi Kalimantan Selatan. Belanja Pendidikan, Belanja Kesehatan, Belanja Bantuan Sosial, Dan Pendapatan Perkapita secara simultan berpengaruh signifikan terhadap indeks pembangunan manusia pada Provinsi Kalimantan Selatan.

Kata Kunci: Belanja Pendidikan, Belanja Kesehatan, Belanja Bantuan Sosial, Pendapatan Perkapita, Indeks Pembangunan Manusia.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI