DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN APLIKASI ONLINE DATING TINDER DALAM HUBUNGAN FRIENDS WITH BENEFITS PADA KALANGAN REMAJA AKHIR DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:MUHAMMAD SULTAN JORDAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-22


ABSTRAK

 

Muhammad Sultan Jordan, 191041420023, 2024, Peran Aplikasi Online Dating Tinder Dalam Hubungan Friend with Benefits Pada Kalangan Remaja Akhir di Kota Banjarmasin.  Di bawah bimbingan Astinana Yuliarti.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Aplikasi Online Dating Tinder Dalam Hubungan Friend with Benefits Pada Kalangan Remaja Akhir di Kota Banjarmasin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran aplikasi Tinder dalam hubungan FWB yakni sebagai wadah untuk mencari pasangan FWB. Dengan fitur yang dimiliki oleh Tinder, maka pengguna bisa memilih pasangan yang sesuai dengan apa yang dia inginkan dengan fitur Swipe, memudahkan untuk mencari sesuai lokasi, memberikan kode suka dengan fitur match. Jika sudah sama-sama saling nyaman setelah berkenalan di Tinder, maka biasangan pasangan FWB akan melanjutkan percakapan di Instagram. Apabila semakin merasa cocok, maka mereka akan melanjutkan ke WhatsApp. Kemudian mereka akan memutuskan untuk bertemu. Kelebihan yang dihasilkan oleh Tinder yakni mudah dalam memilih pasangan sesuai dengan apa yang diinginkan, bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja, jarak dengan pasangan tidak terlalu jauh, mudah berkenalan dengan fitur chatnya. Namun, kekurangannya yakni tidak semua yang di chat mau berhubungan dengan yang menchat meski sudah sama-sama match, tidak mudah untuk mencari pasangan yang serius, tidak bisa video call, telfonan hanya bisa sebentar dengan jaringan yang tidak stabil, tidak bisa mengirim foto, serta bisa mengisi data pribadi yang tidak sesuai dengan keadaan sebenarnya, bahkan untuk jenis kelamin.

Kata Kunci: Friend with Benefit, Tinder, Aplikasi Dating Online, Remaja Akhir, New Media.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI