DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI EKSPOR CRUDE PALM OIL (CPO) DI INDONESIA PERIODE 2008-2022
PENGARANG:NORYANA RAHMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-04-28


Noryana Rahmawati (2024) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Nilai Ekspor Crude Palm Oil (CPO) di Indonesia Periode 2008-2022. Pembimbing: Syahrituah Siregar, SE, MA.

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh dari faktor produksi, harga internasional, kurs, dan inflasi terhadap nilai ekspor CPO di Indonesia. Data yang digunakan adalah data sekunder yang bersifat deskriptif kuantitatif menggunakan regresi time series metode Error Correction Model (ECM) dengan data bulanan dari tahun 2008 - 2022 yang diolah menggunakan aplikasi Eviews 10.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produksi, harga internasional, kurs dan inflasi dalam hubungan jangka panjang secara bersama-sama mempengaruhi nilai ekspor CPO di Indonesia; (2) produksi, harga internasional, kurs dan inflasi dalam hubungan jangka pendek secara bersama-sama mempengaruhi nilai ekspor CPO di Indonesia; (3) kurs merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi nilai ekspor CPO dalam hubungan jangka panjang; (4) harga internasional  merupakan faktor yang paling dominan mempengaruhi nilai ekspor CPO dalam hubungan jangka pendek.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI