DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERBEDAAN KOMUNIKASI VERBAL DITINJAU DARI CIRI JENIS KELAMIN DAN URUTAN DALAM KELUARGA PADA KELAS XI MIPA DI SMAN 7 BANJARMASIN
PENGARANG:Hermawan
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-04


ABSTRAK

 

Hermawan. 2019. Perbedaan Komunikasi Verbal di Tinjau Dari Ciri Jenis Kelamin Dan Urutan Dalam Keluarga Pada Siswa Kelas XI MIPA di SMAN 7 Banjarmasin: (I) Dr. Ririanti Rachmayanie J. S.psi. M.Pd (II) Dr. Sulistiyana, S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci : Komunikasi Verbal ,Ciri Jenis Kelamin, Urutan Dalam Keluarga.

 

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan kelas XI MIPA sebagai subjek penelitian. Karena menurut peneliti dan siswa SMAN 7 Banjarmasin, siswa kelas XI MIPA masih dalam masa pencarian jati diri sehingga nampak adanya suatu perbedaan komunikasi verbal antara lawan jenis pada setiap kelas seperti pada saat kerja kelompok. Kemudian ada anak yang selalu berkomunikasi secara tidak pantas terhadap teman-temannya dikarenakan anak tersebut selalu menang sendiri dan ada anak yang selalu ingin di layani. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran mengenai perbedaan komunikasi verbal di tinjau dari ciri jenis kelamin dan urutan dalam kelurga pada siswa kelas XI MIPA di SMAN 7 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yang dipakai adalah komparatif. Alat pengumpul data menggunakan angket.dan teknik penarikan sampel dengan cara random sampling mengambil sampel secara bebas setiap kelas. Teknik analisis data menggunakan deskrifsi data, anareg sederhana, dan anareg berganda. Focus penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan komunikasi verbal ditinjau pada jenis kelamin dan urutan dalam keluarga.

Hasil penelitian yang dilakukan di SMAN 7 Banjarmasin pada komunikasi verbal, ciri jenis kelamin, dan urutan dalam keluarga tergolong kedalam kategori yang sedang pada setiap indikator. Pada hasil perbandingan komunikasi verbal ditinjau dari ciri jenis kelamin menunjukkan bahwa ada perbedaaan. Pada hasil perbandingan komunikasi verbal ditinjau dari urutan dalam keluarga menunjukkan bahwa ada perbedaan. Pada hasil perbandingan komunikasi verbal ditinjau dari ciri jenis kelamin dan urutan dalam keluarga menunjukkan bahwa ada perbedaan pada siswa kelas XI MIPA di SMAN 7 Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI