DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMAINKAN RECORDER SOPRAN SISWA KELAS XA MAN 1 BANJARMASIN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA
PENGARANG:Safarina Ariantini
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-05


Ariantini, Safarina. 2015. Upaya Meningkatkan Keterampilan Memainkan Recorder Sopran Pada Siswa Kelas XA MAN 1 Banjarmasin Menggunakan Metode Tutor Sebaya. Skripsi, Program Studi Seni Drama, Tari dan Musik, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas LAmbung Mangkurat Banjarmasin
Pembimbing : (1) Maryanto, M.Sn, (2) DR. Nanik Mariani, M.Pd
Kata Kunci : Keterampilan, Recorder Sopran, Metode Tutor Sebaya, Kuantitatif Deskriptif
 Pendidikan formal adalah pendidikan yang terorganisasi yang mempunyai kurikulum dan mempunyai tujuan akhir. Salah satunya adalah mata pelajaran Seni Budaya dimana salah satu sub materinya adalah Seni Musik. Salah satu alat musik yang dipelajari pada bidang Seni Musik adalah recorder sopran. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana Metode Tutor Sebaya dapat meningkatkan keterampilan siswa kelas XA MAN 1 Banjarmasin dalam memainkan alat musik recorder sopran. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan siswa kelas XA MAN 1 Banjarmasin dalam memainkan alat musik recorder sopran dengan menggunakan Metode Tutor Sebaya.
Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas XA MAN 1 Banjarmasin. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dokumentasi, wawancara, observasi, dan tes siswa.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilakukan oleh guru terlihat aktivitas siswa meningkat, dan hasil pembelajarannya juga mengalami peningkatan pada setiap siklus.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI