DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS BADAN NARKOTIKA NASIONAL (BNN) PROVINSI KALIMANTAN SELATAN DALAM UPAYA PENCEGAHAN PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA DI KALANGAN REMAJA DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:AULIA AMANDA RAHA DEWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-03


ABSTRAK

                                                                            

Aulia Amanda Raha Dewi, 2010411220028, 2024. Efektivitas Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Selatan Dalam Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Di kalangan Remaja Di Kota Banjarmasin. Di Bawah bimbingan Avela Dewi.

 

Tingginya kasus penyalahgunaan narkotika yang terjadi dapat menyebabkan kerusakan fisik, mental, emosional, dan perilaku pengguna serta juga dapat mempengaruhi orang lain terjerat penyalahgunaan narkotika. Tentunya, ini merupakan ancaman serius bagi bangsa dan masyarakat, dan juga merupakan kejahatan yang terorganisir baik di tingkat nasional maupun internasional, sehingga diperlukan upaya pencegahan.

Metode yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Selain itu sumber data yang digunakan ialah data primer yaitu melalui wawancara dengan pihak terkait dan data sekunder seperti data, dokumentasi, dan buku. Kemudian dalam mengolah data menggunakan analisis data dari Miles dan Huberman (dalam Sugiyono, 2019:78) yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika di kalangan remaja pada Kota Banjarmasin oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Selatan sudah berjalan cukup efektif berdasarkan ketiga indikator efektivitas menurut Duncan dalam Richard M, Steers (1985:53). Hal ini dilihat dari upaya menjalankan program P4GN (Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) yang mana kegiatan dari program tersebut meliputi: kegiatan pengelolaan informasi dan edukasi, deteksi dini, kegiatan pemberdayaan peran serta masyarakat, kegiatan penyelengaraan pemberdayaan alternatif, dan kegiatan peyelengaraan advokasi.

Saran untuk meningkatkan upaya pencegahan penyalahgunaan narkotika di kalangan remaja pada Kota Banjarmasin oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kalimantan Selatan yaitu dengan lebih menguatkan wawasan tentang penyalagunaan narkotika, pemerintah memberlakukan sanksi seberat-beratnya terhadap orang-orang yang menyalagunakan narkotika baik itu pengguna dan pengedar, dan tumbuh rasa sadar dari diri terhadap semua kalangan masyarakat untuk menghindari hal-hal negatif khususnya narkoba.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Upaya Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika, Remaja

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI