DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Perbedaan Ukuran Gigi Molar Pertama Maksila dan Kaninus Mandibula Permanen antara Mahasiswa Laki-Laki dan Perempuan (Tinjauan pada Mahasiswa PSKG Suku Banjar)
PENGARANG:SITI AULIA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-04


ABSTRAK

PERBEDAAN UKURAN GIGI MOLAR PERTAMA MAKSILA DAN KANINUS MANDIBULA PERMANEN ANTARA MAHASISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN (Tinjauan pada Mahasiswa PSKG Suku Banjar)

Siti Aulia Rahmah, Bayu Indra Sukmana, Irnamanda DH

Latar belakang: Bencana alam sering terjadi di Indonesia. Identifikasi jenis kelamin adalah salah satu hal penting dalam menentukan identitas korban. Jenis kelamin dapat diidentifikasi berdasarkan ukuran gigi geligi. Perbedaan ukuran gigi disebabkan oleh adanya perbedaan jenis kelamin dan ras. Tujuan: Mengetahui perbedaan rerata ukuran gigi molar pertama maksila dan kaninus mandibula antara laki-laki dan perempuan pada mahasiswa PSKG suku Banjar. Metode: Penelitian ini merupakan metode observasional analitik. Penelitian ini menggunakan 40 model gigi laki-laki dan 40 model gigi perempuan yang diukur lebar mesiodistal dan bukolingual gigi molar pertama maksila dan kaninus mandibula menggunakan kaliper digital. Hasil: Hasil uji normalitas data berdistribusi normal, dilanjutkan dengan uji t-test independent didapatkan nilai p=0.00<0.05 yang menunjukkan hipotesis diterima atau terdapat perbedaan signifikan ukuran gigi mesiodistal dan bukolingual pada gigi molar pertama maksila dan kaninus mandibula antara mahasiswa laki-laki dan perempuan suku Banjar. Kesimpulan: Terdapat perbedaan rerata ukuran gigi mesiodistal dan bukolingual pada gigi molar pertama maksila dan kaninus mandibula antara laki-laki dan perempuan pada mahasiswa PSKG suku Banjar.

Kata kunci : Identifikasi jenis kelamin, lebar mesiodistal, lebar bukolingual, molar pertama maksila, kaninus mandibula

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI