DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UJI GILING (GRINDABILITY TEST) UNTUK UMPAN SIANIDASI PADA BIJIH EMAS SULFIDA DI PT GOLDEN PRICINDO INDAH CIGARU, SUKABUMI, JAWA BARAT
PENGARANG:VIDI WISNU RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-12


PT Golden Pricindo Indah termasuk ke dalam wilayah pemerintahan Kelurahan Kerta Jaya, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Cigaru, Sukabumi, Provinsi Jawa Barat. Luas KP KW 98PP0048 adalah 97 hektar yang diperuntukkan bagi KUD Panca Usaha. Penelitian dilakukan di Puslitbang TekMira Bandung, dengan skala laboratorium. Pada kegiatan uji giling ada beberapa target yang harus dipenuhi, yaitu target waktu dan hasil giling yang optimum pada fraksi -200 mesh dengan persentase berat 80%.

Pada penelitian ini, metode uji giling (grindability test) untuk umpan siandiasi pada bijih emas sulfida menggunakan metode grinding comparison denver (ore testing division), penentuan uji giling dan kemampuan giling menggunakan ball mill pada banyak sampel dan waktu yang berbeda-beda, dan membandingkan dengan karakterisasi pada bijih emas tersebut, dengan menggunakan metode uji kadar dan kimia, uji mikroskop, uji ayak dan derajat liberasi.

 Untuk memperoleh produk giling yang baik sebagai umpan sianidasi, memperlukan waktu giling yang optimal selama 50 menit, dengan persentase berat 80% pada lolos fraksi -200 mesh. Sifat giling bijih emas sulfida PT Golden Pricindo Indah Cigaru dengan menggunakan grafik (Grinding Comparison Denver) termasuk kategori bijih “medium hard ore”.

 

Kata Kunci:Uji Giling, Persentase Padatan, Fraksi, Ball Mill, Lolos Ayakan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI