DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Tinjauan Stabilitas Lereng Menggunakan Perkuatan Soil Nailing Pada Proyek Pembangunan Underpass Km. 101 Tatakan
PENGARANG:LANGGENG ANDRIANSYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-08


Box underpass adalah sebuah panel terowongan yang digunakan sebagai jalur penghubung lewatnya kendaraan yang biasanya dibangun dibawah jalan. Untuk memperkuat stabilitas lereng pada lokasi maka digunakan perkuatan tambahan berupa soil nailing. Tujuan dari perencanaan ini adalah menganalisis karakteristik tanah pada lereng lokasi, menganalisis nilai faktor keamanan pada lereng sebelum dan sesudah diberikannya perkuatan soil nailing.

Pada perencanaan ini dilakukan interpretasi data hasil penyelidikan tanah melalui pengujian Standart Penetration Test (SPT), dan pengujian laboratorium. Menganalisis faktor keamanan stabilitas lereng sebelum dan sesudah adanya perkuatan soil nailing menggunakan program plaxis

   Dari hasil perencanaan ini diketahui karakteristik rata-rata lapisan tanah adalah lempung padat berpasir. Dari data hasil pengujian Standart Penetration Test (SPT) dapat diketahui konsistensi lapisan tanah pada semua titik bor adalah sangat kaku, bahkan di titik BH-1 teridentifikasi lapisan tanah keras. Analisis faktor keamanan stabilitas lereng menggunakan program plaxis didapatkan hasil yaitu angka safety faktor sebelum adanya perkuatan adalah 0,6190. Sedangkan angka safety faktor yang didapatkan setelah adanya perkuatan soil nailing adalah 2,6081.

 

Kata Kunci: Box Tunel, Soil Nailing, Faktor Kemanan, Plaxis, Tatakan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI