DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI DESKRIPTIF PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 11 BANJARMASIN
PENGARANG:M. Nurhadi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-05


ABSTRAK

 

M. Nurhadi. 2018. Studi Deskriptif Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI IPS 4 SMA Negeri 11 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman, M. Pd (II) Muhammad Arsyad, M.Psi, Psikolog.

 

Kata Kunci: Prokrastinasi, Akademik, Siswa.

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan prokrastinasi yang dialami siswa kelas XI IPS 4 SMA Negeri 11 Banjarmasin. Hasil penelitian menunjukkan adanya siswa yang melakukan prokrastinasi dengan ciri-ciri 1) siswa suka menunda untuk memulai maupun menyelesaikan tugas, b) keterlambatan dalam mengerjakan tugas, c) kesenjangan waktu antara rencana dan penyelesaian tugas, d) siswa melakukakan aktivitas lain yang lebih menyenangkan dari pada melakukan tugas yang harus dikerjakan.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan documentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik trianggulasi.Adapun sumber responden yang di teliti adalah 2 orang siswa SMA Negeri 11 Banjarmasin kelas XI IPS 4,1 wali kelas, 1 guru BK dan 1 guru mata pelajaran matematika

Hasil penelitian menunjukkan bahwa prokrastinasi yang dilakukan siswa adalah prokrastinasi disfuncional procrastination yaitu penundaan yang tidak bertujuan, berakibat jelek dan menimbulkan masalah. Prokrastinasi ini bersifat negatif, yaitu menunda tugas untuk kegiatan yang tidak penting seperti bermain game nongkrong dengan teman-teman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI