DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI ADAPTASI AKULTURASI DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA PROGRAM AMITY COLLEGE AUSTRALIA (Studi pada Pembina Asrama Berkewarganegaraan Turki di SMAN Banua Bilingual Boarding School Kalimantan Selatan)
PENGARANG:Masrupah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-05


Masrupah, D1C114024, 2019, Strategi Adaptasi Akulturasi dalam Komunikasi Antarbudaya Mahasiswa Program Amity College Australia (Studi pada Pembina Asrama Berkewarganegaraan Turki di SMAN Banua Bilingual Boarding School Kalimantan Selatan). Dibimbing oleh Novaria Maulina dan Atika.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses akulturasi dalam komunikasi antarbudaya mahasiswa yang berasal dari Turki di asrama SMA Banua dan strategi adaptasi dalam komunikasi antarbudaya mahasiswa yang berasal dari Turki di SMAN Banua Bilingual Boarding School Kalimantan Selatan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskripstif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. Informan kunci dari penelitian adalah Mahasiswa program Amity College Australia berkewarganegaraan Turki dan Informan pendukung adalah 2 mahasiswa yang sering berinteraksi dengan mahasiswa Turki dan siswa yang tinggal satu asrama dengan mahasiswa Turki di SMA Banua.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa Turki program Amity College Australia mengalami proses adaptasi akulturasi karena  perbedaan budaya antara di Turki dengan di Kalimantan Selatan sehingga menghambat proses adaptasi akulturasi mahasiswa Turki. Strategi yang dilakukan mahasiswa Turki program Amity College Australia agar mempermudah adaptasi adalah dengan menjalin hubungan yang baik dengan teman dikampus dan siswa/i di asrama, mempelajari budaya Banjar dan juga berpartisipasi dalam kegiatan budaya.

 

Kata Kunci : Adaptasi, Akulturasi, Komunikasi Antarbudaya

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI