DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEK MEDIASI KONTROL DIRI TERHADAP PERANAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN CYBER AGGRESSION PADA PEMAIN GAME ONLINE DI INDONESIA
PENGARANG:MUHAMMAD DEFAQ NUR RAYAN. DR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-14


Dunia internet berkembang begitu masif saat ini, salah satunya adalah game online. Game online menjadi suatu aktivitas yang sangat digemari khususnya bagi para remaja yang tidak jarang memainkannya dengan berlebihan dan menimbulkan perilaku-perilaku agresi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peranan kecanduan game online terhadap cyber aggression dengan dimediasi oleh kontrol diri, Penelitian ini merupakan penelitian cross-sectional yang melibatkan 214 pemain game online berusia 19-24 tahunyang tersebar dibeberapa wilayah Indonesia. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecanduan game online (Indonesian Online Game Addiction Questionnaire), skala kontrol diri (Skala Kontrol Diri Ringkas versi Indonesia), dan skala cyber aggression (Cyber Aggression Typology Questionnaire). Hasil penelitian ini menemukan bahwa kontrol diri dapat memediasi secara parsial antara peranan kecanduan game online terhadap cyber aggression. Penelitian ini memberikan temuan penting bahwa kecanduan game online dapat menjadi faktor terciptanya perilaku cyber aggression. Orang tua, pemerintah, dan pendidikan perlu berkomitmen dalam ranahnya masing-masing untuk menciptakan lingkungan game online yang sehat, suportif, aman, dan nyaman. Metode penelitian seperti eksperimental dan longitudinal dengan jenis game online yang spesifik juga dapat dilakukan untuk penelitian selanjutnya.

 

Kata Kunci: kecanduan game online, cyber aggression, kontrol diri

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI