DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA PEMERINTAH DESA DALAM PELAKSANAAN PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DESA DI DESA TEWAH PUPUH KECAMATAN BENUA LIMA KABUPATEN BARITO TIMUR
PENGARANG:THRESYA CATHERINE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-17


ABSTRAK

Thresya Catherine. 2010413320038. Kinerja Pemerintah Desa dalam Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur Desa di Desa Tewah Pupuh Kecamatan Benua Lima Kabupaten Barito Timur. Dibimbing oleh Dr. Jamaluddin, M.Si.

Penelitian bertujuan untuk mengetahui kinerja dan faktor yang mempengaruhinya dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur desa. Metode penelitian yaitu pendekatan kualitatif bersifat deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Metode analisis data menurut Miles dan Huberman berupa dikumpulnya data, data direduksi, data disajikan, serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja pemerintah desa dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur desa di Desa Tewah Pupuh dapat dikatakan sudah dijalankan secara maksimal. Pemdes melaksanakan pembangunan infrastruktur desa berupa jalan dan jembatan usaha tani sebagai infrastruktur prioritas yang terealisasikan sesuai kebutuhan masyarakat, namun masih terdapat beberapa pembangunan infrastruktur yang belum terlaksana. Hal ini berarti kinerja pemerintah desa dinilai belum sangat baik. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja sehingga pemerintah desa Tewah Pupuh dapat mencapai hasil kerja berupa infrastruktur desa. Terdapat hubungan antara penggunaan teori dengan hasil penelitian. Implikasi yang timbul atas kinerja pemerintah desa yang dijalankan secara maksimal dalam pelaksanaan pembangunan infrastruktur desa berupa Jalan Usaha Tani dan Jembatan Usaha Tani memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses lokasi pertanian atau perkebunan, yang dimana infrastruktur tersebut menjadi fasilitas utama yang dibutuhkan dan paling sering digunakan oleh masyarakat Desa Tewah Pupuh.

 

Kata Kunci: Kinerja, Pemerintah Desa, Pembangunan Infrastruktur

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI