DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS EFEKTIVITAS PEMUNGUTAN PAJAK SARANG BURUNG WALET DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:WIDYA FEBRINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-06


 

ABSTRAKSI

 

Widya Febrina (2018). Analisis Efektivitas Pemungutan Pajak Sarang Burung Walet di Kota Banjarmasin. Pembimbing: Akhmad Sayudi.

 

Berdasarkan penetapan jenis pajak baru pada Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009 tentang Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, menjadikan Pajak Sarang Burung Walet menjadi salah satu pajak yang turut di pungut dan dimaksimalkan pendapatannya oleh Pemerintah Kota Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini untuk (1) menganalisis tingkat efektivitas pemungutan Pajak Sarang Burung Walet di Kota Banjarmasin dan (2) menganalisis apa saja yang menjadi hambatan dalam pemungutan Pajak Sarang Burung Walet di Kota Banjarmasin.

 

Jenis penelitian bersifat deskriptif. Objek penelitian adalah target dan realisasi pajak sarang burung walet dengan penentuan periode selama tahun 2013-2017. Sumber data berupa data primer dan sekunder yang didapatkan dengan teknik dokumentasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan teknik analisis rasio efektivitas, kontribusi dan laju pertumbuhan.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pemungutan Pajak Sarang Burung Walet selama periode tahun 2013-2017 tidak efektif dengan hasil rata-rata 59,35%, sedangkan kontribusi Pajak Sarang Burung Walet terhadap pajak daerah dari tahun 2013-2017 sangat kecil dan terus menurun dengan jumlah rata-rata 0,21%. Selama periode tahun 2013-2017 juga diketahui bahwa pertumbuhan Pajak Sarang Burung Walet di Banjarmasin cenderung negatif dengan nilai rata-rata sebesar -12%. Faktor yang teridentifikasi menjadi penyebab tidak tercapainya target sehingga mempengaruhi efektivitas, kontribusi dan laju pertumbuhan Pajak Sarang Burung Walet di Kota Banjarmasin antara lain, yaitu kurang optimalnya kinerja sumber daya manusia (SDM) dalam penentuan target pajak, kurangnya kesadaran wajib pajak, sulitnya melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap kepatuhan wajib pajak, harga pasaran umum sarang burung walet yang sulit diprediksi, dan tidak berkembanganya usaha sarang burung walet di Kota Banjarmasin.

 

 

 

Kata Kunci: Pajak Sarang Burung Walet, Pajak Daerah, Efektivitas, Kontribusi, 

 

                      Laju Pertumbuhan

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI