DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Sentimen Terhadap Penutupan TikTok Shop di Indonesia pada Twitter Menggunakan Supervised Machine Learning
PENGARANG:NOOR ZALEKHA AL HABESYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-20


Tiktok Shop adalah fitur e-commerce di dalam aplikasi Tiktok yang memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi jual beli. Integrasi Tiktok Shop dengan media sosial telah memberi peluang baru untuk menjangkau konsumen dan meningkatkan penjualan. Namun, dengan adanya penutupan Tiktok Shop memicu kontroversi di kalangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan menganalisis pandangan dan respon pengguna Tiktok di Indonesia terhadap penutupan Tiktok Shop. Dataset yang digunakan bersumber dari Twitter. Metodologi penelitian terdiri dari pelabelan, oversampling, splitting, serta machine learning termasuk SVM, Random Forest, Decision Tree, dan Deep Learning (H2O). Kontribusi penelitian ini memperkaya pemahaman tentang implementasi machine learning, khususnya pada analisis sentimen penutupan Tiktok Shop.  Penelitian ini memiliki implikasi yang signifikan dalam sosial e-commerce karena potensi pemanfaatannya oleh sosial media analis.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI