DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN SECARA KONSILIASI DI BPSK KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:VIONA ZAHWA SALSABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-21


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penyelesaian sengketa melalui konsiliasi oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kota Banjarmasin serta kendala yang dihadapi dalam proses penyelesaiannya sengketa konsumen melalui konsiliasi. Oleh karena itu, penelitian ini merupakan hukum empiris yang dilakukan dengan cara meneliti langsung berdasarkan fakta lapangan untuk mendapatkan data data yang akurat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa BPSK Kota Banjarmasin menggunakan pendekatan konsiliasi dalam menyelesaikan sengketa konsumen dengan memfasilitasi dialog antara konsumen dan penyedia layanan atau produk. Untuk penyelesaian sengketa konsumen dapat di selesaikan diluar pengadilan yaitu BPSK yang berada di Kota/Kabupaten masing masing. Namun, ada beberapa Kendal yang diidentifikasi, minimnya kesadaran dan minat masyarakat tentang hak-hak konsumen. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang kendala ini, diharapkan dapat meningkatkan efektivitas penyelesaian sengketa konsumen melalui konsiliasi oleh BPSK Kota Banjarmasin. Demikian, meskipun memiliki potensi untuk menyelesaikan sengketa dengan cara yang lebih aman dan efisien, tantangan-tantangan ini perlu diatasi agar konsiliasi dapat menjadi pilihan yang lebih disukai dalam penyelesaian sengketa konsumen di BPSK Kota Banjarmasin.

Kata Kunci: BPSK; Konsiliasi; Sengketa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI