DIGITAL LIBRARY



JUDUL:AKTIVITAS EKONOMI PELAKU USAHA KLEPON BUNTUT BUKHARI DI KECAMATAN MARTAPURA
PENGARANG:MUHAMMAD RISALAN UZHMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-22


Aktivitas ekonomi dengan aktivitas distribusi yang dilakukan oleh distributor klepon yang dilaksanakan di Kelurahan Jawa dan Kelurahan Sekumpul dengan mendatangi secara langsung serta mendirikan lapak. Distributor melakukan promosi dengan pemotongan harga 50% ketika klepon yang dijajakan dari pagi hari sampai dengan siang menuju sore hari yang masih tersisa yang menjadi perhatian ketika aktivitas ekonomi dilakukan untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya. Penelitian ini memiliki tujuan: 1) Mendeskripsikan aktivitas ekonomi pelaku usaha klepon Buntut Bukhari di Kecamatan Martapura dengan fokus kepada aktivitas distribusi. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan fungsi distribusi dalam aktivitas ekonomi pelaku usaha klepon Buntut Bukhari di Kecamatan Martapura.

Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis menggunakan model Miles and Huberman berupa reduksi, penyajian dan verifikasi data. Keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, member check dan triangulasi.

Hasil dari penelitian menunjukkan dan menyatakan: 1) Aktivitas ekonomi pelaku usaha klepon Buntut Bukhari dari aktivitas produksi yang bekaitan dengan persiapan dan proses pembuatan klepon serta aktivitas konsumsi dengan konsumen dari pengguna jalan dengan usia dari anak-anak sampai dengan dewasa dan dominan dari kelompok umur remaja dan dewasa. Adapun dari aktivitas distribusi menjadi bahasan utama dan mendalam yang dilakukan distributor untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan kegiatan menjajakan klepon kepada pengguna jalan secara langsung serta menggunakan lapak yang berada di pinggir jalan. 2) Pelaksanaan fungsi distribusi yang mencakup fungsi pertukaran telah dilaksanakan distributor klepon, fungsi penyediaan fisik telah dilaksanakan distributor dengan pengecualiaan dari kegiatan pemilahan tidak dilakukan dan fungsi penunjang juga dilakukan oleh distributor klepon.

Simpulan dari penelitian ini bahwa aktivitas ekonomi dengan aktivitas distribusi yang dibahas lebih mendalam dilakukan oleh distributor untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan kegiatan menjajakan kepada pengguna jalan baik dengan mendatangi secara langsung maupun mendirikan lapak di pinggir jalan di Kelurahan Jawa dan Kelurahan Sekumpul. Pelaksanaan fungsi distribusi pada aktivitas ekonomi telah dilakukan oleh distributor klepon, namun terdapat satu fungsi pendukung dari fungsi penyediaan fisik yaitu fungsi pemilahan yang tidak dilakukan dikarenakan pemilahan klepon dilakukan oleh produsen. 

Kata Kunci: Aktivitas Ekonomi, Aktivitas Distribusi, Fungsi Distribusi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI