DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENGABULKAN KASASI PENUNTUT UMUM ATAS PUTUSAN BEBAS DALAM KASUS TINDAK PIDANA KORUPSI PENGADAAN ALAT KESEHATAN (ALKES) DI RSUD ULIN BANJARMASIN
PENGARANG:TIARA SALSABILA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-27


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pertimbangan hakim dalam mengabulkan kasasi penuntut umum atas putusan bebas dalam kasus tindak pidana korupsi alat kesehatan Di RSUD Ulin Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode yuridis normatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Data primer diperoleh dari putusan Pengadilan Tinggi Banjarmasin Nomor 24/Pid.Sus-TPK/2019/PN.BJM dan putusan Mahkamah Agung Nomor 2690K/PID.SUS/2020. Data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, dan peraturan perundang-undangan terkait.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertimbangan hakim dalam mengabulkan kasasi penuntut umum atas putusan bebas dalam kasus tindak pidana korupsi alat kesehatan Dirsud Ulin Banjarmasin didasarkan pada beberapa hal, yaitu kesalahan hakim tingkat pertama dalam menilai alat bukti, kekeliruan hakim tingkat pertama dalam menerapkan hukum, adanya novum atau bukti baru yang diajukan oleh penuntut umum. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pertimbangan hakim dalam mengabulkan kasasi penuntut umum atas putusan bebas dalam kasus tindak pidana korupsi alat kesehatan Dirsud Ulin Banjarmasin telah sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.

Kata kunci: Pertimbangan hakim, kasasi, putusan bebas, tindak pidana korupsi, alat kesehatan, Di RSUD Ulin Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI