DIGITAL LIBRARY



JUDUL:NILAI SOSIAL PADA KEGIATAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) DI KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:NURSAHID
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-27


Nursahid, 2024. Nilai Sosial pada Kegiatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Kabupaten Banjar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I: Dr. Syaharuddin, S.Pd., MA dan Pembimbing II: Rusmaniah, M.Pd.

BPBD merupakan bagian pemerintah non-departemen setara dengan dinas yang memiliki tanggung jawab untuk menangani bencana di tingkat provinsi dan kota/kabupaten. BPBD melakukan banyak hal selain melakukan tugasnya. Mereka juga memiliki peran sebagai pelaksana penanganan pengungsi dan penanggulangan bencana dengan cepat dan tepat. Nilai sosial membantu masyarakat berperilaku dalam kehidupan sehari-hari. Akibatnya, ada nilai sosial dalam kegiatan BPBD di Kabupaten Banjar.

Tujuan dari penelitian ini: 1) Mendeskripsikan Profil Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Banjar. 2) Mendeskripsikan Kegiatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Kabupaten Banjar. 3) Mendeskripsikan Nilai Sosial pada Kegiatan Badan Penanggulangan Bencana Daerah di Kabupaten Banjar.

            Jenis teks narasi deskriptif digunakan sebagai subjek penelitian kualitatif. menguraikan temuan penelitian yang menjelaskan operasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Data yang diperoleh berasal dari observasi, wawancara dengan informan, dan dokumentasi yang terdiri dari catatan, foto dan rekaman. Untuk mencapai tujuan penelitian, pengurangan data diperlukan untuk analisis data, menampilkan data dalam bentuk deskriptif dengan beberapa gambar sebagai pendukung, dan memverifikasi kesimpulan dengan data. Uji validitas data dengan member check dan triangulasi.

Penelitian menunjukkan bahwa Perda Kabupaten Banjar No. 11 tahun 2011 menetapkan BPBD Kabupaten Banjar dengan Tipe B pada 12 Mei 2011. Pembentukan profil BPBD Kabupaten Banjar didasarkan pada kebutuhan organisasi yang bertanggung jawab atas pengendalian dan penanganan bencana. Di tahun 2012, Setelah mengevaluasi kerentanan, kemungkinan bencana, dan jenis bencana, Status BPBD Kabupaten Banjar dinaikkan dari Tipe B menjadi Tipe A oleh Bupati Banjar. BPBD Kabupaten Banjar melakukan berbagai tindakan penanggulangan bencana yang berlangsung dari pra-bencana hingga pasca bencana, dan didasarkan pada nilai sosial seperti nilai kepedulian, nilai tolong menolong, dan nilai kerja sama.

Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada kegiatan yang dilaksanakan oleh BPBD Kabupaten Banjar ditemukan nilai sosial yang terkandung dan berguna dalam masyarakat yaitu seperti nilai kepedulian, nilai tolong menolong, dan nilai kerja sama. Kegiatan yang dilaksanakan berupa proses penanggulangan bencana dari fase sebelum bencana hingga fase setelah bencana.

 

Kata Kunci: Nilai Sosial, Nilai Kepedulian, Nilai Tolong Menolong, Nilai Kerja sama.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI