DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH EFEKTIVITAS PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) TERHADAP KESEJAHTERAAN KELUARGA PENERIMA MANFAAT DANA BANTUAN SOSIAL DI KELURAHAN BERIWIT KECAMATAN MURUNG KABUPATEN MURUNG RAYA PROVINSI KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:ARISANDI. MB.
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-28


ABSTRAK

 

 

Arisandi MB, Tesis. 2023. Pengaruh Efektivitas Program Keluarga Harapan (PKH) terhadap Kesejahteraan Keluarga Penerima Manfaat Dana Bantuan Sosial di Kelurahan Beriwit Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Program Studi Magister Administrasi Publik. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dibimbing Oleh: Pembimbing 1. Muhammad Riduansyah Syafari dan Pembimbing 2 Mahyuni.

 

Kelurahan Beriwit merupakan salah satu desa dengan peserta PKH tertinggi dan memiliki jumlah PMKS terbanyak di Kabupaten Murung Raya. Data keluarga miskin tersebut tidak seluruhnya mendapatkan bantuan atau menjadi penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH), calon penerima bantuan dipilih dan diseleksi oleh pusat, sehingga penyaluran bantuan ini hanya berjalan selama satu tahun dan di tahun berikutnya tidak ada konfirmasi lebih lanjut oleh pendamping PKH.Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh signifikan efektivitas program keluarga harapan (PKH) terhadap kesejahteraan keluarga penerima manfaat dana bantuan sosial di Kelurahan Beriwit Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe penelitian ini menggunakan eksplanatori (kausalitas). Populasi dalam penelitian ini sebanyak 191 orang pada tahun 2023. Sampel sebanyak 66 orang keluarga penerima manfaat dana bantuan sosial di Kelurahan Beriwit Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah menggunakan teknik accidental sampling. Pengumpulan data menggunakan data primer hasil dari kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Regresi dengan nilai signifikasi sebesar 95%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas program keluarga harapan (PKH) memiliki pengaruh signifikan terhadap kesejahteraan keluarga penerima manfaat dana bantuan sosial di Kelurahan Beriwit Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya Provinsi Kalimantan Tengah sebesar 33,1%. Proses program bantuan PKH diharapkan ada evaluasi lagi, bagaimana cara dalam melakukan sosialisasi yang jauh lebih baik lagi dari pemerintah hingga sampai ke masyarakat dan juga untuk penentuan keluarga penerima bantuan diharapkan menggunakan data yang valid dan selalu terupdate dari setiap lokasi masyarakat penerima, sehingga tepat sasaran dapat terlaksana dengan baik.

 

Kata Kunci : Efektivitas, Program Keluarga Harapan (PKH), Kesejahteraan Keluarga, Dana Bantuan Sosial

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI