DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KESALAHAN SISWA SMP MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN
PENGARANG:NUR ELISYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-08


ABSTRAK

KESALAHAN SISWA SMP MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN ANALISIS NEWMAN

(Oleh: Nur Elisya; Pembimbing: Iskandar Zulkarnain; Kamaliyah. 2019: 114 halaman)

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis dan penyebab kesalahan yang dilakukan siswa SMP berdasarkan analisis Newman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilakukan pada siswa dari empat kelas VIII yang berbeda di SMP Negeri 9 Banjarmasin dengan jumlah 116 siswa. Dipilih 12 subjek penelitian dengan mengambil tiga subjek dari masing-masing kelas. Ketiga subjek mewakili masing-masing satu dari kelompok tinggi, sedang dan rendah berdasarkan hasil tes. Pengumpulan data dilakukan dengan tes dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi teknik. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Newman menganalisis dengan lima jenis kesalahan (membaca, memahami masalah, mentransformasi, memproses, dan menulis jawaban akhir). Hasil penelitian menunjukkan tidak satupun subjek penelitian yang melakukan jenis kesalahan membaca, sedangkan jenis kesalahan penulisan jawaban akhir hanya diwakili oleh subjek penelitian dari kelompok tinggi. Adapun jenis kesalahan memahami, mentransformasi, dan memproses soal dilakukan oleh perwakilan subjek penelitian dari masing-masing kelompok. Penyebab kesalahan yang dilakukan subjek penelitian antara lain: jenis kesalahan memahami soal disebabkan subjek tidak lengkap memahami informasi soal dan tergesa-gesa, jenis kesalahan mentransformasi disebabkan subjek tidak mampu membuat model matematika, tidak teliti, dan tidak mengetahui operasi yang digunakan, jenis kesalahan memproses disebabkan subjek tidak memahami konsep, tidak teliti dan kurang menguasai perhitungan aljabar, serta jenis kesalahan menuliskan jawaban akhir disebabkan subjek tergesa-gesa menuliskan jawaban. Kelompok tinggi cenderung tidak teliti dan tergesa-gesa. Kelompok sedang cenderung tidak teliti  dalam perhitungan dan membuat model matematika, serta kurang menguasai perhitungan aljabar. Kelompok rendah cenderung tidak mampu membuat model matematika dan tidak menguasai konsep. 

Kata kunci: kesalahan, soal cerita matematika, analisis Newman.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI