DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PANJANG ANTRIAN KENDARAAN DAN PARAMETER KARAKTERISTIK LALU LINTAS PADA SIMPANG BERSINYAL
PENGARANG:AULIA LATHIFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-29


ANALISIS HUBUNGAN ANTARA PANJANG ANTRIAN KENDARAAN DAN PARAMETER KARAKTERISTIK LALU LINTAS PADA SIMPANG BERSINYAL

 

Aulia Lathifah1, Puguh Budi Prakoso2

1,2Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Lambung Mangkurat

Jl. Jenderal Achmad Yani Km. 35,5 Banjarbaru, Kalimantan Selatan – 70714

E-mail: aulialathifah18@gmail.com

 

ABSTRAK

 

Kemacetan yang terjadi ketika volume kendaraan melebihi kapasitas jalan sehingga kecepatan perjalanan menurun atau lalu lintas terhenti, sering terjadi di persimpangan bersinyal antara Jalan Gatot Subroto – Jalan Pangeran Hidayatullah – Jalan Veteran, kota Banjarmasin dan Jalan A.Yani – Jalan Karang Rejo, kota Banjarbaru yang cukup ramai dan sering terjadi kemacetan, terutama pada saat lampu merah. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan model hubungan dan pengaruh antara panjang antrian kendaraan, volume lalu lintas, kepadatan lalu lintas, kecepatan, lebar jalan, dan kapasitas pada simpang bersinyal.

Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan drone untuk merekam persimpangan selama 3 jam dengan interval 15 menit, untuk memperoleh data mengenai volume, kepadatan, kecepatan, kapasitas dan panjang antrian kendaraan. Analisis data dilakukan berdasarkan PKJI 2023, selain itu panjang antrian kendaraan juga dianalisis berdasarkan lapangan. Software SPSS digunakan untuk menganalisis model hubungan dan pengaruh antar variabel terhadap panjang antrian kendaraan.

Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan hubungan yang signifikan antara panjang antrian kendaraan dengan volume lalu lintas, kepadatan lalu lintas, kecepatan, lebar jalan, dan kapasitas di simpang bersinyal, berdasarkan panjang antrian metode PKJI 2023, Y = 806,51 + 1,307X1 + 0,011X2 – 2,686X3 – 160,895X4 – 1,056X5 dan berdasarkan panjang antrian di lapangan Y = 95,899 + 0,949X1 + 0,071X2 + 0,442X3 – 21,962X4 + 0,036X5 dengan Y adalah panjang antrian kendaraan, X1 adalah volume lalu lintas, X2 adalah kepadatan lalu lintas, X3 adalah kecepatan, X4 adalah lebar jalan, dan X5 adalah kapasitas. Secara signifikan variabel yang mempengaruhi panjang antrian kendaraan berbeda antara kedua model yaitu volume lalu lintas, lebar jalan, dan kapasitas untuk model PKJI 2023, sedangkan volume lalu lintas, kepadatan, kecepatan, lebar jalan, dan kapasitas mempengaruhi dalam model lapangan.

 

Kata kunci: Simpang Bersinyal, Panjang Antrian, Analisis Regresi Linier Berganda

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI