DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG BERDASARKAN TEORI VAN HIELE
PENGARANG:Norpuadah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-08


ABSTRAK

 

ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH BANGUN RUANG BERDASARKAN TEORI VAN HIELE

(Oleh:Norpuadah; Pembimbing Iskandar Zulkarnain; Sumartono. 2019:50 halaman)

 

Van Hiele membagi proses berpikir siswa menjadi beberapa tahapan yang sistematis dalam pembelajaran geometri. Tahap-tahap berpikir geometris menurut Van Hiele yaitu visualisasi, analisis, deduksi informal, deduksi dan rigor.Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa saja kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang berdasarkan teori Van Hiele dan mengetahui apa kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan  pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada siswa IX SMP Negeri 23 Banjarmasin dengan jumlah 204 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Materi soal yang digunakan adalah materi bangun ruang sisi lengkung berfokus pada bangun ruang tabung. Data yang telah diperoleh dianalisis berdasarkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa yaitu, kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan teknis dan kesalahan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah (1) jenis jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang berdasarkan teori Van Hiele yaitu pada tahap visualisai kesalahan konsep, tahap analisis kesalahan konsep, tahap deduksi informal kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, kesalahan teknis dan kesalahan penarikan kesimpulan, tahap deduksi kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, kesalahan teknis dan kesalahan penarikan kesimpulan, tahap rigor kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, kesalahan teknis dan kesalahan penarikan kesimpulan kecuali kesalahan interpretasi bahasa tidak terjadi di semua tahapan (2) Kesalahan yang paling banyak dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang berdasarkan teori Van Hiele menggunakan data.

 

Kata kunci: analisis kesalahan, teori Van Hiele

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI