DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SMP
PENGARANG:MEYLA KURNIAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-08


Terbukanya sumber belajar yang luas bagi siswa di era sekarang, memberikan ruang kepada guru untuk beralih dari teacher centered learning menuju student centered learning. Hal ini dapat diimplementasikan dalam pembelajaran berbasis blended learning menggunakan model flipped classroom yang merupakan kombinasi dari pembelajaran online di rumah dan pembelajaran tatap muka di kelas. Dengan adanya internet yang menyediakan berbagai learning management system seperti Google Classroom, guru dapat membuat kelas virtual untuk melaksanakan pembelajaran online di rumah, agar siswa terlatih untuk aktif dan mandiri dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran blended learning menggunakan model flipped classroom berbantuan google classroom dalam pembelajaran matematika, menilai hasil belajar siswa, mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa laki-laki dengan perempuan, dan menilai tanggapan siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 9 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan berupa statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran berada pada kategori sangat baik, hasil belajar siswa berada pada kategori cukup baik, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa laki-laki dengan perempuan, dan tanggapan siswa berada pada kategori sangat tinggi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI