DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STRATEGI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL ONLINE MELALUI WEB APLIKASI PARAK ACIL ONLINE KEPADA MASYARAKAT DI KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:ELMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-05-31


Elma, 2010413320009, Strategi Pelayanan Administrasi Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Online Melalui Web Aplikasi Parak Acil Online Kepada Masyarakat Di Kota Banjarmasin. Dibimbing oleh M. Najeri Al Syahrin, S.IP., M.A.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pelayanan Administrasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil Online Melalui Web Aplikasi Parak Acil Online oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode deskriptif analisis dengan fokus pada pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara Observasi, Wawancara, dan dokumentasi serta pedoman wawancara berkaitan dengan strategi dalam administrasi dan pencatatan sipil yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil melalui Website Aplikasi Parak Acil Online.

Strategi pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil online melalui Website Aplikasi Parak Acil Online telah diterapkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin. Estimasi waktu pelayanan, penyediaan sarana alternatif, layanan gratis kepada masyarakat, inovasi aplikasi, sistem umpan balik, survei kepuasan masyarakat, evaluasi kinerja internal, dan sosialisasi proaktif merupakan beberapa strategi yang telah diterapkan untuk meningkatkan kualitas dan aksesibilitas layanan. Meskipun demikian, terdapat sejumlah kendala yang perlu diatasi, seperti potensi gangguan teknis dalam sistem, keterlambatan penyelesaian permohonan, masalah kinerja dan keandalan aplikasi, serta keterbatasan akses dan keterampilan teknologi masyarakat. Untuk mengatasi kendala tersebut, perbaikan infrastruktur dan teknologi, pelatihan keterampilan teknologi bagi masyarakat, perbaikan teknis dalam aplikasi, serta peningkatan aksesibilitas aplikasi dan respons terhadap umpan balik diperlukan. Strategi yang telah diterapkan pada Website Aplikasi Parak Acil Online telah sesuai dengan teori Tjiptono (2000) mengenai strategi peningkatan kualitas jasa dan layanan. Diharapkan dengan adanya analisis strategi, kekurangan, saran yang diberikan peneliti pada penelitian ini dapat mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi layanan administrasi, meningkatkan aksesibilitas layanan, agar dapat menciptakan inklusi sosial dalam pelayanan publik bagi semua masyarakat Kota Banjarmasin.

Kata kunci : Strategi pelayanan, Web Aplikasi parak acil online, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI