DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Demokratis Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Di SMK Negeri 1 Banjarmasin
PENGARANG:HASIM RACHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-03


Rachman, Hasim, 2023. Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap Demokratis Peserta didik Pada Proses Pembelajaran SMK Negeri 1 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Rabiatul Adawiah.

Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Sikap Demokratis

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Validitas, Reliabilitas, dan Kelayakan instrumen penilaian sikap demokratis peserta didik pada proses pembelajaran di SMK Negeri 1 Banjarmasin

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan dari Borg dan Gell dengan tahapan-tahapan, 1) analisis potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validitas produk, 5) revisi, 6) uji coba produk skala kecil, 7) revisi produk, 8) uji coba skala besar, dan 9) revisi produk akhir. Uji coba produk dilakukan melalui dua tahap, yaitu uji coba terbatas dan uji coba secara luas. Data diperoleh dengan Teknik angket, pengolahan data menggunakan program SPSS versi 22. Data yang telah diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian adalah: (1) pada uji coba terbatas dari 30 item instrument, menghasilkan 24 item instrumen valid dan 6 item instrument tidak valid, dari 24 item tersebut dilanjutkan uji skala besar dengan jumlah responden 200 orang semua instrumen dinyatakan valid. (2) Hail uji reliabilitas instrumen adalah 0,842 (memiliki tingkat reliabilitas yang tinggi). (3) dari 30 instrumen, 24 item dinyatakan layak digunakan untuk menilai sikap demokratis peserta didik di SMK Negeri 1 Banjarmasin.

Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru dalam melakukan penilaian sikap demokratis saat proses pembelajaran dapat menggunakan alat atau pedoman penilaian yang sudah teruji kelayakannya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI