DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMENUHAN HAK POLITIK WARGA NEGARA OLEH KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA BANJARMASIN (STUDI KASUS PENYANDANG DISABILITAS)
PENGARANG:BUDI RAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-05


Budi Rahman. 2024. Pemenuhan hak Politik Warga negara Oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarmasin (Studi Kasus Penyandang disabilitas ) Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1) Reja Fahlevi.

Kata Kunci : Hak Politik, Warga Negara, Penyandang Disabilitas , KPU

Hak politik bagi penyandang disabilitas sebagai salah satu komponen dari Ham yang juga harus dipenuhi, apa lagi dalam tataran negara demokrasi karena masih tidak terpenuhi dalam hak politik na bagi penyandang disabilitas akibat kurangnya pemahaman orang-orang disabilitas terkait pemilihan ini.

Tujuan peneliian ini untuk melihat sekaligus menganalisis bentuk pemenuhan hak politik mengenai sosialisasi bagi penyandang disabilitas dan Bentuk Penyedian fasilitas sarana prasarana oleh Komisi Pemilihan Umum Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif Kualitaif deskriptif dengan melakukan wawancara dan obervasi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Bentuk Sosialisasi oleh komisi pemilihan umum ini ada dua cara.Pertama dengan menyediakan penterjemah bagi penyandang disabilitas Tuna Rungu dalam kegiatan sosialisasi mengenai Prosedur dan mekanisme tekait pemilihan umum.Kedua Penyediaan fasilitas sarana dan prasarana hal penyandang disabilitas netra disediakan dengan alat bantu braile dalam memilih,terkait disabilitas dengan Pemberian akses kursi roda, dan layanan yang ramah untuk disabilitas di Kota Banjarmasin.

Disarankan pemerintah dapat mengoptimalisasikan terhadap pemenuhan hak dalam penyedian terhadap alat bantu braile untuk tuna netra karena masih tidak untu beberapa dalam pemilihan dewan perwakilan rakyat dan lainya. Dan juga terhadap juga sosialisasinya dapat diadakan dalam forum kecil sehingga menjangkau masyarakat di pedalaman seperti di tempat warung.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI