DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality (AR) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X SMKN 4 Banjarmasin
PENGARANG:REZA MADANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-05


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan Media Pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X SMKN 4 Banjarmasin terhadap mata pelajaran sejarah. Latar belakang penelitian ini didasari oleh kurangnya minat belajar siswa, kurangnya media pembelajaran yang menarik, serta kurang jelasnya visual gambar benda bersejarah pada buku pelajaran. Dalam konteks pembelajaran sejarah, minat belajar siswa diidentifikasi sebagai faktor penting yang mempengaruhi keberhasilan belajar. Dalam kajian pustaka, teknologi pendidikan, khususnya Augmented Reality (AR), dijelaskan sebagai inovasi multimedia yang mampu meningkatkan minat dan pemahaman siswa. Penggunaan AR dalam pembelajaran dapat membantu siswa memahami konsep abstrak dengan lebih baik dan meningkatkan partisipasi serta keterlibatan siswa dalam proses belajar. Rumusan masalah penelitian ini mencakup pertanyaan mengenai penggunaan AR pada mata pelajaran sejarah kelas X di SMKN 4 Banjarmasin serta apakah penggunaan AR dapat meningkatkan minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan AR dalam pembelajaran sejarah serta dampaknya terhadap minat belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat terlihat bahwa siswa  lebih interaktif dalam pembelajaran  berkelompok dan siswa terlihat lebih tertarik dengan pelajaran yang  diberikan serta Karena nilai Sig. 0,030 < taraf nyata (a= 0,05) maka Ho ditolak, dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh antara penggunaan media pembelajaran berbasis Augmented Reality (AR) untuk meningkatkan minat belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI