DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KELAYAKAN USAHA ENCENG GONDOK DI DESA SUNGAI NYIUR KECAMATAN BABIRIK KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA
PENGARANG:NOR AMALIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-06


Nor Amalia 2010413220006 Analisis Kelayakan Usaha Enceng Gondok di Desa Sungai Nyiur Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara Dibimbing oleh Budi Kristanto.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Kelayakan Pendirian Usaha  yang berfokus pada kerajinan enceng gondok di Desa Sungai Nyiur Kecamatan Babirik Kabupaten Hulu Sungai Utara.

 Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian deskriptif, dimana penelitian ini akan melakukan analisis mengenai permasalahan Desa Sungai Nyiur yang belum terdapat sebuah usaha yang akan direkomendasikan sebagai BUMDes. Penelitian ini menggunakan analisis SWOT untuk menilai kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang terkait dengan potensi usaha tersebut, dengan tujuan memberikan rekomendasi untuk pendiriannya. Subyek penelitiannya adalah pemerintah daerah dan masyarakat Desa Sungai Nyiur.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha kerajinan enceng gondok layak dijadikan sebagai suatu usaha di Desa Sungai Nyiur, didukung oleh faktor internal dan eksternal yang menguntungkan dengan dibuktikan melalui analisis SWOT. Namun, penelitian ini menunjukkan bahwa untuk mengatasi kelemahan dan ancaman yang ada memerlukan strategi inovatif untuk memastikan keberhasilan jangka panjang sebuah usaha. Dan untuk analisis kelayakan usaha selanjutnya dapat melibatkan aspek lainnya seperti Aspek Teknis dan Teknologi, dan Aspek Keuangan untuk mengetahui apakah secara teknis usaha tersebut dapat dioperasikan  dengan ketersediaan teknologi yang ada dan menentukan rencana investasi melalui perhitungan biaya dan manfaat yang diharapkan apakah sudah sesuai dengan pengeluaran dan pendapatannya dalam aliran kas dari rencana usaha tersebut.

 

Kata Kunci : Kelayakan Usaha, Kerajinan, Enceng Gondok, Analisis SWOT

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI