DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBUKTIAN TINDAK PIDANA PENIPUAN JUAL BELI AKUN PUBG MOBILE
PENGARANG:RENDIKA NURLIA RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-06


Pada suatu jual beli, para pihak harus mentaati aturan yang berlaku sesuai dengan tujuan diadakannya aturan tersebut. Seperti halnya jual beli akun game online playar unknown’s battlegrounds (PUBG) Mobile. Melakukan peninjauan hukum terhadap sesuatu hal yang baru perlu dilakukan, supaya tepat dalam menentukan aturan hukum positif yang akan digunakan.

Identifikasi masalah dalam penelitian ini, yakni bagaimana bentuk transaksi yang dilakukan dalam praktik jual beli akun game online player unknown’s battlegrounds (PUBG) Mobile dan apa yang menjadi faktor hambatan dalam transaksi jual beli game online player unknown’s battlegrounds (PUBG) Mobile.

Penelitian ini menggunakan metode penilitian normatif yang teknik pengumpulan datanya menggunakan bahan hukum primer, bahan hukum skunder, bahan hukum tersier dan bahan non hukum terkait dengan objek penelitian untuk mengkaji bagaimana kekuatan hukum dari transaksi jual beli akun game online player unknown’s battlegrounds (PUBG) Mobile, serta untuk memberi penjelasan bagaimana transaksi jual beli seperti ini bisa terjadi dan mengapa banyak orang yang ingin membeli akun game online player unknown’s battlegrounds (PUBG) Mobile. Selanjutnya, bahan-bahan hukum dan non hukum dikaitkan dan di analisis dengan isu hukum yang dikaji secara kualitatif untuk memperoleh kesimpulan yang sistematis, faktual, akurat dan ilmiah dari hasil penelitian.

Berdasakan hasil pembahasan penelitian bahwa jual beli akun game online player unknown’s battlegrounds (PUBG) Mobile terdapat pelanggaran aturan hukum positif yaitu dalam buku kitab undang-undang Hukum Perdata dalam buku III pada pasal 1243 tentang Wanprestasi, kitab undang-undang hukum pidana yakni dalam pasal 378 tentang penipuan dan aturan pendukung pasal 28 ayat (1) UU No.19 Tahun 2016 Perubahan Atas Undang-Undang No 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Dan Transaksi Elektronik dan yang menjadi faktor hambatan yang terjadi bahwa belum efektif melakukan jual beli akun game online player unknown’s battlegrounds (PUBG) Mobile melalui perangkat media secara online.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI