DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS KINERJA PANWASCAM DALAM PENGAWASAN PEMILU DI KECAMATAN ALALAK KABUPATEN BARITO KUALA PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD YAHYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-06


Muhammad Yahya, 2024. Efektivitas Kinerja Panwascam Dalam Pengawasan Pemilu Di Kecamatan Alalak Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Prof. Dr. H. Sarbaini, M.Pd.

 

Kata Kunci : Efektivitas, Kinerja, Panwascam, Pengawasan Pemilu

 

Tujuan penelitian ini untuk memahami kinerja Panwascam dalam melakukan pengawasan Pemilu, untuk mengetahui kinerja Panwascam terhadap hasil kerja Panwascam Alalak dan juga untuk memahami pelaksanaan pengawasan Pemilu di Kecamatan Alalak. Pendekatanyangdigunakan dalam penelitian ini adalahPendekatan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket atau kuesioner dan observasi.

Hasil penelitianmenunjukanbahwa  Efektivitas Kinerja Panwascam Alalak dalam Pengawasan Pemilu telah berhasil mencapai tingkat kinerja yang baik dalam melakukan pengawasan Pemilu dengan skor rata-rata keseluruhan adalah 4.25. Efektivitas Kinerja Panwascam terhadap Hasil Kerja, terdapat hubungan searah antara efektivitas kinerja Panwascam dengan hasil kerja Panwascam Alalak. Peningkatan dalam efektivitas kinerja Panwascam memberikan dampak positif terhadap hasil kerja, dengan peningkatan sebesar 48,1%. Pelaksanaan Pengawasan Pemilu di Kecamatan Alalak, menunjukkan bahwa Panwascam Alalak telah melaksanakan tugas pengawasan Pemilu dengan baik secara keseluruhan.

Kesimpulan penelitian ini menunjukkan dari Efektivitas Kinerja, Pengaruh Kinerja hingga Pengawasan Pemilu di Kecamatan Alalak memperoleh nilai yang tinggi, yang berarti menunjukkan tingkat pekerjaan yang baik secara menyeluruh. Adapun sarannya yaitu perlu lebih ditingkatkan lagi dalam hal kolaborasi bersama seluruh masyarakat serta pihak terkait.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI