DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | REGISTER BAHASA PADA KOMUNITAS PEMAIN “GAME ONLINE DEFENCE OF THE ANCIENT 2 (DOTA 2)” | |
PENGARANG | : | Muhammad Elfan Algifari | |
PENERBIT | : | - | |
TANGGAL | : | 2017-11-07 |
Kata Kunci: register, komunitas, Game Online, DOTA 2
Register merupakan bentuk variasi bahasa dengan pemakaian kosakata khusus
yang berkaitan dengan jenis pekerjaan maupun kelompok sosial tertentu. Contohnya
komunitas pemain game online Defence Of The Ancients (DOTA 2).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan berjenis deskriptif dengan
teknik pengumpulan data berupa teknik simak bebas libat cakap, teknik rekam, dan teknik
catat. Data penelitian ini adalah kata atau kalimat tuturan ragam bahasa komunitas yang
terfokus pada register, sedangkan yang menjadi sumber datanya adalah para pemain game
online DOTA 2.
Dari hasil penelitian ini ditemukan proses morfologis register dalam Game
online DOTA 2, yaitu: (1) pelesapan afiks; (2) hibrida; dan (3) kontraksi. Dalam
penulisan singkatan terdapat pola: (1) singkatan yang menggunakan huruf awal kapital;
(2) bentuk penggalan yang terdiri dari: (a) penggalan suku kata pertama, (b) pengekalan
suku terakhir, (c) pengekalan empat huruf pertama; (3) angka sebagai pengganti kata;
dan (4) gabungan huruf dan angka. Ditemukan juga pola penulisan akronim sebagai
berikut (1) akronim yang berasal dari huruf awal setiap kata, (2) akronim yang ditulis
dengan huruf kecil. Dilihat dari bentuknya digolongkan menjadi (1) berdasar satuan
lingualnya dibedakan menjadi (a) kata, (b) frasa, dan (c) kalimat; (2) berdasar asal
bahasanya dibedakan menjadi: (a) register yang berbahasa Indonesia, (b) register yang
berbahasa Banjar, dan (c) register yang berbahasa Inggris. Kosakata khusus penanda
register digolongkan menjadi: (1) menanggapi sesama pemain; (2) panggilan atau
sapaan; dan (3) strategi dalam permainan.
NO | DOWNLOAD LINK |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI