DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTERNALISASI LITERASI POLITIK BAGI PEMILIH PEMULA MELALUI MATA PELAJARAN PPKN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 5 BANJARMASIN
PENGARANG:FATIMAH ANISA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-08


Anisa, Fatimah. 2024. Internalisasi Literasi Politik Bagi Pemilih Pemula Melalui Mata Pelajaran PPKn Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Banjarmasin

Kata Kunci : Literasi Politik, Pemilih Pemula, Pemilu, PPKn

Literasi politik mengimplementasikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap politik dari isu-isu kecil hingga pengaruh dalam pengambilan keputusan, khususnya pada pemilih pemula. Hasil penelitian Helisa Alnadya (2020) menunjukkan terpaan informasi politik dapat berpengaruh positif secara signifikan terhadap literasi politik pemilih pemula, meskipun terkadang tidak signifikan.

Penelitian ini bertujuan untuk (1) memahami literasi politik tentang peran partai politik dalam pemilu, (2) menganalisis literasi informasi politik, dan (3) kemampuan berpartisipasi dalam kegiatan politik pemilu.

Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan mewawancarai 6 informan menggunakan metode purposive sampling, dengan kriteria siswa yang tertarik dan tidak tertarik pada politik. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dengan reduksi data, penyajian naratif, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Guru PPKn di SMKN 5 Banjarmasin berhasil meningkatkan literasi politik siswa dengan memberikan pemahaman tentang peran partai politik dalam pemilu. (2) Guru PPKn mendorong siswa untuk menganalisis informasi politik dari lingkungan dan media sosial, meningkatkan ketertarikan dan kemampuan mereka dalam menganalisis informasi politik. (3) Guru PPKn juga menggunakan strategi lain, seperti penayangan video di kelas, untuk memotivasi siswa berpartisipasi aktif dalam kegiatan politik, khususnya dalam pemilu. Upaya ini menghasilkan pemilih pemula yang lebih sadar dan siap untuk berpartisipasi politik.

Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa mata pelajaran PPKn mengenai literasi politik pemilu bagi pemilih pemula yang diberikan guru pendidik sudah memberikan dampak baik terhadap siswa pemilih pemula sehingga sebagian besar pemilih pemula tertarik dan memiliki wawasan literasi politik, meskipun masih terdapat beberapa yang kurang tertarik pada politik dan pemilu.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI