DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN PENDAMPING LOKAL DESA DALAM PROGRAM PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DI KECAMATAN KOTAWARINGIN LAMA KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
PENGARANG:GUSTI AHMAD HABIIBI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-08


ABSTRAK

Gusti Ahmad Habiibi, 2010413110003, 2024, Peran Pendamping Lokal Desa Dalam Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Di Kecamatan Kotawaringin Lama Kabupaten Kotawaringin Barat, dibimbing oleh Samahuddin Muharram.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Pendamping Lokal Desa Dalam Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Di Kecamatan Kotawaringin Lama Kabupaten Kotawaringin Barat. Metode yang dipakai kualitatif tipe deskriptif. Teori pada penelitian ini memakai teori teori Ife dengan 4 (empat) Dimensi Peran Dalam Konteks Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat, Peran sebagai Fasilitas, Peran sebagai Edukasi, Peran sebagai Perwakilan, Peran sebagai Teknis. Sumber informan yaitu Pendamping Lokal Desa, Aparat Pemerintah Desa, dan Masyarakat Desa. Data yang dihasilkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui perannya Pendamping Lokal Desa telah memberikan kontribusi signifikan dalam mendorong pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Pendamping Lokal Desa berperan sebagai fasilitator, teknis dan edukator yang membantu memperlancar proses penyelesaian masalah, menyusun perencanaan pembangunan, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang program pembangunan dan pemberdayaan, sehingga perannya sebagai perwakilan dari perpanjangan tangan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dapat dirasakan oleh Pemerintah Desa dan Masyarakat Desa.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disarankan untuk penambahan jumlah Pendamping Lokal Desa di Kecamatan Kotawaringin Lama, karena Pendamping Lokal Desa memainkan peran penting dalam pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, dan investasi untuk membangun desa yang mandiri dan berdaya.

 

Kata Kunci : Peran, Fasilitas, Edukasi, Perwakilan, Tenkis

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI