DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KELAYAKAN USAHA PENGOLAHAN TEMPE DI DESA SEMARAS KECAMATAN PULAU LAUT BARAT KABUPATEN KOTABARU (Studi Kasus Usaha “Tempe Ibu Masnah”)
PENGARANG:KHAIRUL AMIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-10


KHAIRUL AMIN Analisis Kelayakan Usaha Pengolahan Tempe Di Desa Semaras Kecamatan Pulau Laut Barat Kabupaten Kotabaru (Studi Kasus Usaha “Tempe Ibu Masnah’’), di bawah bimbingan RIFIANA dan LUKI ANJARDIANI.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis biaya produksi, penerimaan, keuntungan, kelayakan usaha pada usaha produksi tempe yang dikelola oleh Ibu Masnah. Penelitian ini berlokasi di Desa Semaras RT.003 Kecamatan Pulau Laut Barat, Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan. Waktu penelitian dimulai dari bulan Maret sampai dengan November 2023. Periode pengambilan dan perhitungan data dilakukan pada bulan Oktober 2023 yaitu selama 1 (satu) bulan produksi.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa total biaya yang dikeluarkan Ibu Masnah selama satu bulan sebesar Rp 27.098.495 sementara penerimaan usaha pengolahan tempe rata-rata sebesar Rp 45.000.000 sehingga keuntungan yang diperoleh Ibu Masnah produsen tempe yang ada di Kecamatan Pulau Laut Barat sebesar Rp. 17.901.505. Dan pada uji kelayakan usaha tempe Ibu Masnah mendapatkan hasil R/C Ratio sebesar 1,66 yaitu jika R/C Ratio >1 maka usaha pengolahan tempe Ibu Masnah dikatakan layak secara finansial untuk dijalankan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI