DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN E-KTP VIA WEBSITE PARAK ACIL DI UPT DISDUKCAPIL KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:RIA ADINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-10


Ria Adini, 2010413220033, 2024, Kualitas Pelayanan Pembuatan E-KTP Via Website Parak Acil Di UPT Disducapil Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin, dibimbing oleh Saifudin.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pembuatan E-KTP via Website Parak Acil di UPT Disdukcapil Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin. Metode yang dipakai kualitatif dengan tipe deskriptif. Teori pada penelitian ini memakai teori kualitas pelayanan secara online yang dikemukakan oleh Papadomichelaki dan Mentzas (2012), yakni Ease of Use, Trust, Functionality of Interaction Enviroment, Reliability, Content and Appearance, dan Citizen Support. Sumber informan yaitu Kepala dan operator pelayanan UPT Disdukcapil Kecamatan Banjarmasin Selatan, serta pengguna layanan E-KTP via Parak Acil. Data yang dihasilkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan E-KTP via website Parak Acil di UPT Disdukcapil Kecamatan Banjarmasin Selatan Kota Banjarmasin cukup memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari pengguna yang menyatakan kepuasannya terhadap 4 indikator, yaitu Ease of Use (Kemudahan Penggunanaan), Trust (Kepercayaan), Functionality of Interaction (Fungsi Interaksi Lingkungan), dan Citizen Support (Dukungan Warga). Namun pada indikator Reliability (Kehandalan) dan Content and Appearance (Isi dan Tampilan Informasi) masih belum memuaskan bagi sebagian pengguna.

Untuk ke depannya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Banjarmasin hendaknya memberikannya sarana wifi yang jaringan dan sinyalnya lebih kuat dan cepat di UPT Disdukcapil Kecamatan Banjarmasin Selatan. Selain itu untuk ukuran font pada website Parak Acil agar dapat diperbesar menjadi ukuran 12 atau 14, mengingat adanya pengguna yang sudah lanjut usia kesulitan untuk membacanya. 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan Elektronik, Website Parak Acil, E-KTP

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI