DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN PEMBONGKARAN OVERBURDEN DENGAN METODE BLASTING DAN NON BLASTING TERHADAP PRODUKTIVITAS DAN FUEL RATIO EXCAVATOR BACKHOE KOMATSU PC2000
PENGARANG:DIAN PUTRI BR GINTING
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-03-11


Dian Putri Br Ginting : Kajian Pembongkaran Overburden Dengan Metode Blasting dan Non blasting Terhadap Produktivitas dan Fuel Ratio Excavator Backhoe Komatsu PC2000 Di PT Pamapersada Nusantara Jobsite PT Adaro Indonesia Kec. Tanta, Kab. Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan

 

 

 

            PT Pamapersada Nusantara Jobsite PT Adaro Indonesia memiliki system penambangan dengan system tambang terbuka. Dalam pembongkaran overburden PT Pamapersada menggunakan dua metode yaitu pembongkaran overburden metode blasting dan non blasting. Adapun target produktivitas pembongkaran overburden yang ditetapkan sebesar 800 Bcm/Jam untuk overburden metode blasting dan 600 Bcm/Jam untuk overburden metode non blasting menggunakan excavator backhoe Komatsu PC2000 dengan kapasitas bucket 12 m3.

            Metode pembongkaran overburden  yang efektif dan efisien dapat ditinjau dari tingkat produksinya yang tinggi dan nilai fuel rationya  yang rendah. Maka perlu adanya kajian tentang metode pembongkaran overburden tersebut.

            Setelah melakukan analisa data, maka didapatkan produktivitas alat gali muat Excavator Backhoe KomatsuPC2000 pembongkaran overburden metode blasting sebesar 841.96  Bcm/Jam dan pembongkaran overburden metode non blasting sebesar 504.86 Bcm/Jam. Produktivitas alat gali muat pembongkaran overburden metode blasting bisa dikatakan sudah melebih target yang sudah ditetapkan sedangkan dengan metode non blasting belum mencapai target yang sudah ditetapkan. Untuk fuel ratio alat gali muat Excavator Backhoe KomatsuPC2000pembongkaran overburden metode blasting sebesar 0.13 Liter/Bcm sedangkan pembongkaran overburden metode non blasting sebesar 0.24 Liter/Bcm. Dapat dikatakan pembongkaran overburden metode non blasting lebih boros jika dibandingkan pembongkaran overburden metode blasting  dengan  selisih 0.11 Liter/Bcm.

 

Kata Kunci : Produktivitas, Fuel Ratio

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI