DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN PERENCANAAN KARIER SISWA SMK NEGERI 4 BANJARMASIN
PENGARANG:RIZKA MAULIDATUL HUSNA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2024-06-12


Perencanaan karier adalah suatu proses untuk memantapkan rencana karier agar mencapai tujuan yang spesifik dengan mempertimbangkan pemahaman yang dimiliki mengenai keterampilan, pengetahuan, motivasi, dan karakteristik pribadi lainnya. Salah satu tugas perkembangan remaja dalam SKKPD SMK adalah terpenuhinya wawasan dan kesiapan karier siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perencanaan karier siswa di SMK Negeri 4 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Pengumpulan data dilakukan dengan skala likert. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan pada siswa di SMK Negeri 4 Banjarmasin dengan jumlah populasi sebanyak 428 dan sampel sebanyak 206 siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif.

Hasil penelitian menggunakan statistik deskriptif didapatkan bahwa gambaran perencanaan karier siswa di SMK Negeri 4 Banjarmasin memiliki kategori sedang dengan presentase 44%, pada indikator pemahaman diri memiliki kategori sedang dengan presentase 39%, pada indikator usaha dalam mencari peluang karier memiliki kategori sedang dengan presentase 49%, pada indikator kemampuan individu mengidentifikasi tujuan jangka panjang atau pendek memiliki kategori sedang dengan presentase 52%, dan pada indikator kemampuan individu mengatur dan menetapkan keputusan karier memiliki kategori sedang dengan presentase 40%. Untuk peneliti selanjutnya, hendaknya mengadakan penelitian yang mendalam dan diharapkan agar membuat alat ukur yang spesifik untuk mengetahui lebih jelas gambaran perencanaan karier siswa.

 

Kata kunci: Perencanaan Karier, Siswa

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI